Feeds:
Posts
Comments

Archive for October, 2010

Asik-nya bercocok tanam

Sabtu kemarin, di ajak teman untuk membuat sekolah alam, bener-bener sekolah, bukan outbond. Referensi-nya kayak greenschooldotorg di bali yang sangat terkenal itu.  Pendidikan dan alam, adalah dua hal yang selalu menarik perhatian-ku.

Di sepanjang jalan menuju lereng Gunung Lawu, di Tawangmangu, lokasi yang kami tinjau untuk sekolah alam, saya mendengarkan cerita dan kurikulum dari sekolah itu..

Terbayang, puluhan tahun yang lalu, di sebuah SD Negeri di Jawa Timur, tempat aku bersekolah dulu. Sudah melakukan green school.

Sekolahku SD Tanjunganom, mempunyai 6 ruangan kelas untuk kelas 1-6. Di belakang sekolah ada se-petak sawah, paling ujungnya ada sumur kecil. Jadwal tugas piket, bukan hanya menyapu kelas, menghapus papan tulis, namun ada jadwal lain, yaitu menimba air sumur, untuk di buang/dialirkan ke sawah, untuk mengairi.

Lihat photo pak tani diatas, ya.. itulah saat-saat paling asik ketika ku SD

Bila jaman sekarang ngluku alias membajak sawah menggunakan traktor atau sapi/kerbau. Di sekolahku, murid-murid kelas 5, di minta masuk ke sawah, yang sudah nyemek berair. baris dari barat ke timur, wah asik bener. main lumpur, dorong-dorngan, pura-pura kepleset sambil tarik temen njebur lumpur.. SERU POL..

Setelah membajak sawah dengan main lumpur, beberapa hari kemuadian, kami di ajarin menanam padi. Dengan memakai sebilah bambu yang di tandai, kami menancapkan padi-padi muda.

Panen, juga saat yang paling menyenangkan, dengan menggunakan ani-ani (jenis pisau kecil kayak ketam). Bukan sabit, karena sabit berbahaya bila buat main-an anak-anak. Cara menggunakan ani-ani gampang-gampang susah. Jari tengah jari kelingking dan ibu jari akan menari-nari cekatan.

Bila sudah panen, di jemur, lalu di injek-injek, ngiles padi sambil guyonan, tiada hari tanpa canda riang, asik-nya masa kecil

Seingat-ku tidak ada pekerjaan memupuk yang kami laku-kan, entah kalau itu di lakukan oleh orang-orang besar :p

Pengalaman indah yang sekarang sudah tidak di dapat-i lagi di sekolah.

Ketika saya bercerita kepada guru kurikulum sekolah, langsung di sambut senang.. ternyata sudah ada tho sekolah alam pada jaman dahulu..

Ketika Clair kecil, ada acara pengenalan dengan alam, setiap hari minggu pagi, di Tawangmangu.. Sekitar 5 tahun lalu kalau tak salah ingat. Segera aku daftarkan tuk mengikutkannya. Padahal waktu itu aku belum berani nyopir ke jalan berkelok dan sempit meski sudah biasa jalan solo-semarang, solo-jogja, tapi solo tawangmangu masih lum berani coba. Aneh kan?

Karena acara-nya tiap minggu pagi, ya mau nggak mau mesti berani nyetir ke Tw lah..

Sekolah alam, semoga segera terwujud-lah.. mengulang masa indahnya.. bersama-sama para sohib kecil ^.^

Tuh photo Clair kecil

Mengenang kembali saat saat sekolah, masa kecil..

Karunia Tuhan sunguh luar biasa..

Sang Khalik membuat segalanya sempurna

Advertisements

Read Full Post »